Landak Terancam Punah Dalam 15 Tahun

Memiliki kulit tajam sebagai pelindung tubuh ternyata tidak menjadi jaminan landak akan bertahan hidup. Menurut zoologist Dr Toni Bunnell, landak akan terancam punah dalam 15 tahun ke depan.

Ada beberapa faktor yang mengancam kelangsungan hidup landak, antara lain adalah menurunnya makanan landak seperti ulat bulu dan kumbang. Kedua hewan ini sulit berkembang biak setelah manusia menggunakan pestisida untuk membasmi mereka. 

Selain itu landak juga kerap jadi korban -secara tidak sengaja- ketika manusia tengah memotong rumput. Atau tersangkut di pagar dan tenggelam di kolam buatan ketika tengah mencari makan antara satu kebun ke kebun lainnya. Kasus yang paling sering terjadi adalah landak terinjak kendaraan di jalan. 

Menurut studi yang dilakukan Dr Bunnel dan dikutip dari The Metro, 16 Agustus 2011, sekitar 50 ribu landak menjadi 'korban kecelakaan' per tahunnya. Dia juga mengklaim jika hal-hal di atas membuat kehidupan landak di Inggris menurun sebanyak 25 persen selama 10 tahun terakhir.

Untuk bisa menjaga kelestarian landak, Dr Bunnel menyarankan penggunaaan siput dibanding menggunakan pestisida. Selain itu, warga yang memiliki kebun yang kerap disinggahi landak juga diminta untuk menyediakan makan dan minum untuk hewan berduri tersebut.
[VIVAnews]

0 komentar :

Post a Comment