Mikrochip IBM Ingin Tandingi Otak Manusia

IBM mengembangkan mikrochip silikon yang diklaim bisa meniru cara bekerja otak manusia. Chip ini pun bisa otomatis bereaksi terhadap informasi baru yang diterimanya.

Teknologi ini disebut-sebut sebagai langkah menuju komputasi kognitif, yang memungkinkan mesin bertindak seperti manusia dan memiliki fungsi seperti pengenalan dan belajar. 

"Bayangkan, lampu lalu lintas bisa mengintegrasikan penglihatan, suara dan bau kemudian memberikan peringatan bahaya sebelum terjadi bencana. Atau coba Anda bayangkan co-processor kognitif yang mematikan server, laptop, tablet dan ponsel ke mesin yang bisa berinteraksi lebih baik dengan lingkungan mereka," kata Dharmendra Modha yang memimpin proyek ilmiah yang dinamakan SyNAPSE ini. 

Proyek ini merupakan kolaborasi antara universitas di Amerika Serikat (AS) yang sejauh ini telah menerima bantuan dana senilai USD 20 juta dari DARPA, riset teknologi Pentagon.

Chip ini, dikatakan IBM akan membuat komputer lebih powerful dan efisien yang menghemat ruang. Tak hanya berfungsi sebagai penganalisa informasi yang kompleks, chip tersebut diciptakan agar bisa secara dinamis berinteraksi dengan lingkungannya. 

"Chip ini merupakan langkah lain yang signifikan dalam evolusi komputer, dari kalkulator menjadi sistem pembelajaran. Ini menandakan awal komputer generasi baru dan segala aplikasinya dalam bisnis, sains dan pemerintahan," tutur Modha.
[detik.com]

2 komentar :

  1. mas sudah saya follow,folback yah :D

    ReplyDelete
  2. @Muhammad Ihsan : Sip Gan.. Tenang aja.. kmarin saya sdah off jdi d blas ni komen bru skarang.. maaf ya. hehe

    ReplyDelete