SocMedFest, Ajang Berkenalan Komunitas Online

Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia. Tak hanya digunakan sebagai ajang berinteraksi personal, media sosial pun digunakan sebagai ajang berinteraksi komunitas. Baik interaksi yang dilakukan melalui online, juga kegiatan offline dengan melakukan 'kopi darat' atau pertemuan di dunia nyata.

Melihat ini sebagai potensi, salingsilang.com dan dailysocial.net kemudian menggagas acara Social Media Fest 2011. Sebagai acara media sosial terbesar di Indonesia, acara ini digagas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki komunitas online.

"Karena acara ini membuka peluang-peluang yang tak pernah diduga sebelumnya, yang dimiliki komunitas," kata Shafiq Pontoh, blogger yang juga panitia Social Media Fest.

Shafiq kemudian menjelaskan, selama ini komunitas memiliki potensi yang belum dikembangkan. "Bukan karena mereka terjebak dengan minatnya sendiri, tapi lebih karena mereka tidak tahu bagaimana untuk mengembangkan komunitasnya," ucap Shafiq.

Shafiq kemudian mencontohkan, dengan acara seperti Social Media Fest, tiap komunitas yang ada bisa saling kenal, untuk kemudian berkolaborasi dalam sebuah kegiatan.

"Misalnya komunitas Indonesia Berkebun [komunitas berkebun di tengah kota] bisa berkolaborasi dengan komunitas Jalan Sutra [komunitas pecinta kuliner]. Nanti Jalan Sutra menggunakan bahan baku yang ditanam Indonesia Berkebun," jelas Shafiq.

Sebelumnya, baik Indonesia Berkebun atau Jalan Sutra memang telah aktif di dunia maya. Laporan kegiatan dua komunitas ini pun rajin di-posting di situs internet, mailing list, ataupun jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Selain Indonesia Berkebun dan Jalan Sutra, terlihat pula sejumlah komunitas lain yang mengikuti Social Media Fest 2011. Antara lain, komunitas penulis @fiksimini, komunitas penulis Hermes, komunitas Parkour, Good News from Indonesia.

Tak hanya komunitas, Social Media Fest tahun ini pun diikuti sejumlah start-up internet. Bahkan, ada juga pembuat aplikasi yang mengikuti acara ini.

"Kami berharap bisa mengadakan acara ini secara rutin. Tiga minggu setelah Lebaran. Jadi akan menjadi semacam acara halal-bihalal," tutur Shafiq.
[vivanews.com]

1 komentar :

  1. ION-QQ POKER
    kami dari agen poker terpercaya tahun ini
    Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

    ReplyDelete