Anjing Canggih Pemandu Orang Buta

Pernahkah terbayang dalam pikiran anda suatu saat dimana anjing peliharaan yang biasanya anda bawa berjalan-jalan di taman digantikan oleh robot?. Mungkin hal tersebut dalam waktu dekat ini akan segera terwujud, sebab para ilmuwan di Jepang sementara mengembangkan sebuah robot anjing yang diberi nama ‘Robo-Dog’ yang diperuntukan bagi tuna netra sebagai anjing penuntun mereka.

Robo Dog diciptakan oleh pengembang asal Jepang yakni NSK, bersama University of Electro-Communications, dengan menggunakan gambar Microsoft Kinect dan sensor jarak untuk membuat visualisasi 3-D pada hambatan yang ada di depan.

Video dibawah menunjukkan robot anjing ini menuntun seorang ilmuwan yang ditutup matanya naik dan turun tangga, sedikit lebih lambat dari kecepatan saat berjalan kaki.

Pada permukaan datar, robot ini dapat mempercepat gerakannya dengan bergulir diatas roda, namun bernavigasi pada tanah yang tidak rata dan tangga dengan menggunkan kaki yang berengsel. Dimana kaki tersebut berisi sensor bumper yang membantu menghindari rintangan.

Robot ini dikendalikan oleh perangkat lunak dan dengan menempatkan tekanan pada cengkraman tangan. Robot merespon instruksi dengan membiarkan pengguna mengetahui apa yang terjadi dengan suara wanita. Untuk versi masa depan, robot anjing ini akan bisa mnegikuti perintah suara dan GPS untuk arah yang lebih akurat.Toyota, yang adalah produsen mobil terkenal apada pekan lalu mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan sebuah robot perawat yang dilengkapi dengan teknologi tinggi, dengan kemampuan membantu pasian yang cacat, seperti mengangkatnya dari tempat tidur serta membantunya berjalan.
manadotoday.com

0 komentar :

Post a Comment