Potret Uniknya Museum of Islamic Art di Qatar

The Museum of Islamic Art adalah sebuah museum yang terletak di ibu kota Doha Qatar dan dirancang oleh arsitek I.M. Pei.

Museum ini menarik banyak pengaruh dari arsitektur Islam kuno yang desain yang unik saat ini. Museum ini adalah yang pertama dari jenisnya di Teluk Persia dan memiliki koleksi yang sangat besar dari seni Islam, ditambah penelitian, perpustakaan, dan beberapa restoran. Sabiha Al Khemir menjabat sebagai direktur pendiri museum dari 2006-2008.


Museum ini memiliki luas 45.000 m2 dan terletak di tepi pelabuhan Doha di ujung selatan Teluk Doha. Konstruksi oleh Constr.Co Baytur. (Turki), struktur mencapai penyelesaian pada tahun 2006, tapi interior menjadi sasaran berbagai perubahan setelahnya. Museum ini diumumkan pada pembukaan VIP pada tanggal 22 Nopember 2008, dan dibuka untuk umum pada tanggal 1 Desember 2008.

Di museum itu ditampilkan koleksi karya dikumpulkan selama 20 tahun terakhir, termasuk manuskrip, tekstil dan keramik. Ini adalah salah satu koleksi yang paling lengkap artefak Islam, mulai dari Spanyol ke Mesir ke Iran, Irak, Turki, India dan Asia Tengah. Pada usia 91, Pei harus dibujuk keluar dari pensiun untuk melakukan usaha ini. Ia pergi di seluruh dunia Muslim pada kurun waktu enam bulan untuk belajar tentang arsitektur Islam dan sejarah dan membaca teks-teks Islam untuk menarik inspirasi untuk desain nya.

Penurunan semua situs yang diusulkan untuk museum, Pei menyarankan membuat pulai sendiri untuk struktur untuk menghindari pelanggaran bangunan lainnya. Oleh karena itu dibangun pada 64 hektar di sebuah pulau kira-kira 195 meter dari Doha's Corniche dan dikelilingi oleh taman.













































0 komentar :

Post a Comment